Space Iklan Space Iklan Space Iklan Space Iklan

Nyeri Menstruasi? Inilah Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Bookmark and Share
Nyeri Menstruasi? Inilah Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

nyeri menstruasi nyeri haidMenstruasi atau haid adalah sebuah anugrah yang diberikan oleh Tuhan kepada wanita. Karena menstruasi menunjukkan bahwa seorang wanita sudah dewasa. Haid juga menunjukkan bahwa organ reproduksi seorang masih berfungsi. Namun ada kalanya menstruasi datang disertai dengan rasa sakit yang luar biasa. Nyeri menstruasi atau nyeri haid biasanya disebabkan oleh kontraksi otot rahim dalam rangka meluruhkan lapisan dinding rahim. Kadar sakit nyeri menstruasi beragam. Ada yang ringan, namun juga ada nyeri haid yang dapat menyebabkan seorang wanita pingsan karena menahan sakit yang luar biasa.
Ada beberapa cara untuk menghilangkan nyeri haid atau nyeri menstruasi. Relaksasi adalah cara yang terbaik untuk mengatasi nyeri saat haid. Alihkan pikiran Anda dari rasa sakit tersebut dengan mandi air hangat dan ditemani oleh musik yang menenangkan serta aroma terapi. Mengusap-usap atau pijatan yang lembut pada bagian yang sakit juga efektif untuk meredakan nyeri menstruasi.
Pola hidup adalah kunci utama dalam mengatasi nyeri menstruasi. Istirahat harus cukup dan lakukanlah olahraga secara teratur. Selain itu, konsumsilah makanan yang baik bagi kandungan. Susu berkalsium tinggi sangat baik untuk mengatasi nyeri menstruasi. Selain susu, ada beberapa macam nutrisi yang berguna untuk mencegah nyeri haid:
  • Asam lemak esensial yaitu omega 3 dan omega 6 dapat Anda temukan pada berbagai jenis ikan laut dalam, kacang-kacangan, flaxseed, dan lain-lain.
  • Vitamin B terdapat pada sayuran, kacang-kacangan, daging, makanan laut, telur, dan lain-lain.
  • Magnesium sangat banyak pada sereal, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan, daging, ikan, dan lain-lain.
  • Antioksidan seperti vitamin A, C, E, terdapat pada sayur dan buah-buahan segar.
Sebisa mungkin hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, gula sederhana, maupun kafein, seperti kopi, teh, cokelat, dan soda. Bila nyeri menstruasi tak tertahankan, konsumsilah obat penetral rasa sakit. Namun sebelumnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan.
sumber:http://www.klikgadis.com/nyeri-menstruasi-inilah-cara-mengatasinya-nyeri-saat-haid/
 
beritasehari