Space Iklan Space Iklan Space Iklan Space Iklan

Jenis jenis Topologi Jaringan

Bookmark and Share
Sebelumnya penulis mengucapkan terima kasi kepada kalian yang sudah mampir ke blog saya.

Di sini saya mau menulis tentang topologi jaringan komputer, serta menjelaskan kelebihan dan kekurangan pada topologi jaringan komputer tersebut..

sebelumnya saya mau menjelaskan apa itu topologi ??

mungkin beberapa pembaca ada yang sudah familiar dengan kata-kata topologi dan mungkin udah ada juga yang tau tentang topologi, tapi disini saya mau
menjelaskan kepada teman-teman pembaca yang belum mengetahui dan belum mengerti!!

Topologi kalo menurut saya itu ialah tampilan / struktur dari  jaringan...(itu menurut saya)

Topologi biasanya akan di gunakan apabila kita akan membuat sebuah jaringan komputer.

Disini saya akan menjelaskan beberapa jenis topologi yang biasa di gunakan oleh umum..

1. Topologi Bintang (Star Network)
2. Topologi Bus
3.Topologi Tree (jaringan pohon)
4.Topologi mesh

Oke langsung aja ke Penjelasan
1. Topologi Bintang ( Star Network)
Topologi Star
Topologi star memang desain awalnya menyerupai bintang

topologi star ini memiliki kekurangan yaitu : Borros kabel, Boros Biaya
dan Keuntungan : lebih efisien,bila ada jalur yang putus komputer yang lain tidak tergangu

Banyak di gunakan dalam jaringan warnet dll


2. Topologi Bus
Topologi Bus
Topologi Bus masi mengunakan cabel coaxial RG-6
Topologi Bus mempunyai kekurangan yaitu apa bila ada jalur yang putus jaringan itu tidak bisa berjalan.,
dan keuntungan ialah hemat biaya.

3. Topologi Tree ( jaringan Pohon)

Topologi Tree
Topologi Tree ini mengambarkan 2 buah topologi menjadi satu dan di hubungkan dengan kabel backboon biasanya
kabel coaxial RG-46 dan kabel STP.
Kelebihan topologi ini ialah 2 topologi ini dapat di jadikan satu.
dan kekurangannya ialah karena bercabang ada kesulitan dalam mentrasfer data(file transfer)

4.Topologi Mesh
Topologi Mesh
Topologi ini sering juga di sebut dengan topologi amburadul atau tidak beraturan..kenapa di sebut seperti ituh?
karena di lihat dari susunan jaringan komputer yang di susun.

kekurangan topologi ini ialah terlalu banyak makan biaya tapi hasilnya maksimal

Tulisan ini saya buat atas bantuan  acc_tkj(member HC) dengan perubahan kata-kata dari saya dan perubahan sedikit
 
beritasehari